Tinggal di Kota ini dijamin irit banget!

Travelista – Biaya hidup di Indonesia jika dibandingkan dengan beberapa negara diluar sana, masih terhitung relatif murah. Kota-kota ini biasanya menjadi tempat mengayam pendidikan bangku kuliah bagi segilintir mahasiswa. Karena tempat yang murah dan nyaman tak heran digemari untuk tinggal dan menetap di kota tersebut.

Kota-kota ini bisa dijadikan alternatif liburan dengan budget seadanya namun menawarkan destinasi wisata yang tidak kalah hebatnya. Dengan uang 5000 sampai 10 ribu rupiah saja bisa mendapatkan makanan yang layak dan enak.

Penasaran sobat Travelista kota-kota apa saja di Indonesia yang mempunyai biaya hidup murah? Yuk simak beberapa kota yang berhasil Travelista rangkum :

1. Yogyakarta

Image result for yogyakarta
sumber foto : merahputih.com

Kota Yogyakarta sudah tidak perlu diragukan lagi untuk biaya hidupnya, dijuluki sebagai kota pelajar tak heran jika banyak mahasiswa dari luar kota memilih kota ini untuk menempuh pendidikan. Banyak orang memilih untuk menetap di kota ini dikarenakan banyak kampus-kampus yang  berkualitas seperti UGM, UII, UPN Veteran dll. Kulinernya murah-murah banget loh sobat Travelista, tidak hanya kuliner yang mesti kita singgahi namun, tempat wisatanya juga patut dikunjungin dan jelas mempunyai standar hidup yang sangat terjangkau murah.

2. Solo

Image result for solo jateng
sumber foto : travel.tempo.co

Kota Solo juga dikenal akan biaya hidup yang murah. Menurut survey beberapa masyarakat kota tersebut sendiri, mereka sebulan hanya mengeluarkan uang untuk makan dan tempat tinggal sebesar 500 ribu saja. Uang segitu sudah termasuk tempat tinggal dan makan sehari-hari. Dengan 5 ribu rupiah saja kita bisa mendapatkan nasi bungkus yang enak beserta lauk pauk pilihan kita. Destinasi wisata yang wajib di kunjungi ketika ke Solo bisa kita mulai ke Keraton Kasunanan Surakarta, Museum Batik, Air Terjung Jumog dll, harganya pun sangat terjangkau. Wah murah sekali bukan sobat Travelista!

3. Cirebon

Image result for cirebon
sumber foto : liputan6.com

Rata-rata biaya yang dikeluarkan di kota ini setiap bulannya menurut beberapa survey masyarakat sekitar 500-800 ribu saja loh per bulan.  Bawa uang sehari 10 ribu saja sudah bisa makan enak di kota satu ini. Gapercaya? Kuliner di Cirebon berkisar mulai dari 1500 saja bisa dapat nasi kucing. Kuliner khasnya juga jangan diragukan lagi mulai dari empal gentong, nasi jamblang, tahu gejrot, ketoprak, angkringan, semuanya murah! Destinasi wisatanya bagaimana? Udah jelas keren juga tentunya, antara lain Cirebon Waterland, Pantai Kejawanan, Keraton Kasepuhan dll.

4. Purwokerto

Related image
sumber foto : liputan6.com

Kotanya kecil dan nyaman, memiliki uang sebesar 1 juta saja perbulan bisa tinggal dan makan enak dengan gampang. Purwokerto kaya akan destinasi wisata yang tidak kalah bagusnya juga dan tidak perlu merogoh kocek yang cukup banyak tiap tempat wisata yang dikunjungi, seperti Batu Raden, Dataran Tinggi Dieng dll. Di kota ini juga terdapat perguruan tinggi negeri yang menjadi favorit banyak mahasiswa yaitu Universitas Soedirman, tak salahkan biaya hidup murah namun terdapat fasilitas-fasilitas menunjang yang dapat dijumpai di Purwokerto.

5. Banyuwangi

Image result for banyuwangi
sumber foto : travel.news.com

Kota yang sedang berkembang pesat dari segi perekomian dan juga wisatanya. Hidup di Banyuwangi tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk kehidupan sehari-hari. Cukup dengan 2-3 juta saja kita bisa menghidupi satu keluarga disana. Untuk destinasi wisatanya juga patut dikunjungi seperti Gunung Ijen, Pulau Merah, Gunung Raung dll.

 Gimana sobat Travelista sudah ada keinginan untuk tinggal di kota dengan biaya hidup murah namun mempunyai keadaan alam yang indah? biaya hidup murah bukan berarti kota-kota diatas tidak berkembang. Kota-kota tersebut adalah kota besar yang juga menunjang berbagai aspek kehidupan untuk menjadi tempat tinggal yang layak dan nyaman. Semoga bermanfaat.

Travelista.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here