Travelista – Saat ingin melakukan perjalanan cukup jauh, biasanya orang akan membawa bekal makanan. Kemudian hampir sebagian orang, membawa makanan terlihat asal, hingga akhir saat diperjalanan tidap dapat dimakan karena basi. Berikut tips bawa makanan agar awet dalam perjalanan.

1. Jangan tutup makanan saat masih panas

Saat selesai memasak, biasanya makanan langsung ditaruh di wadah. Tapi, jangan tutup wadah makanan ketika makanan masih panas. Hal tersebut dapat merusak makanan dan menyebabkan makanan cepat basi. Terutama nasi dan sayur-sayuran.

Apabila Anda ingin menaruhnya di wadah, hendaknya dibiarkan dingin dahulu baru kemudian taruh di wadah bekal. Jika Anda ingin tetap makan nasi yang panas, boleh saja mengakalinya dengan menaruh nasi dalam termos nasi agar panas awet dan tidak cepat basi.

Baca

2. Pisahkan lauk pauk

Jangan menyatukan lauk pauk dalam wadah yang sama kecuali jika ingin langsung dimakan. Hampir sebagian orang yang sengaja membungkus nasi dan lauk-pauk jadi satu wadah. Sehingga makanan itu menjadi basi.

Jika Anda tidak memiliki banyak wadah bekal yang cukup, mungkin bisa mengakalinya dengan menggunakan plastik sebagai tempat menyimpan lauk pauk.

3. Membawa cooler box

Cooler box bisa menjadi penyelamat agar makanan yang Anda bawa saat perjalanan lebih awet dan tidak rusak. Hal ini membuat Anda bisa membawa berbagai makanan yang bisa Anda bawa. Selain itu, cooler box dapat berguna sebagai penjaga suhu minuman agar tetap dingin dan menyegarkan.

4. Gunakan alumunium foil

Kalau cooler box berfungsi untuk mengawetkan makanan yang cenderung dingin, alumunium foil berguna untuk menjaga makanan agar tetap awet. Daripada membungkus lauk pauk dengan kertas nasi atau plastik lebih baik gunakan alumunium foil.

Terlebih suhu makanan di alumunium foil biasanya lebih terjaga meski kita telah melakukan perjalanan berjam-jam lamanya. Sebaiknya lapisi makanan dengan alumunium foil hingga dua atau tiga lapis untuk memastikan makanan aman dan tidak tumpah.

Itulah beberapa cara untuk menyimpan makanan agar awet selama perjalanan. Sebenarnya, jika ingin lebih awet lagi ada cara jitu yaitu dengan membawa makanan instant saja. Namun, agar lebih sehat pastinya lebih baik makan nasi dan sayuran.

Travelista.id

Previous articleIni Istilah Bus dari Blong hingga Telolet
Next articleJasamarga Jaring 277 Kendaraan ODOL