Travelista – Bagi Anda pecinta jalan-jalan, rasanya tidak lengkap bila tak berkeliling ke Bangka Barat. Pasalnya, ada beberapa pantai yang belum tersentuh manusia, yakni Pantai Jerangkat.

Pantai Jerangkat terletak di Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat. Pengunjung dari Muntok dapat menempuh jarak kurang lebih 2 jam atau 80 km menggunakan kendaraan pribadi.

Jarak dari Kota Pangkalpinang kurang lebih 130 km atau sekitar kurang lebih 3 jam perjalanan. Namun, para pengunjung tidak dapat langsung menikmati keindahan pantai karena harus menempuh perjalanan lagi kurang lebih 45 menit menyusuri jalan tanah merah, beberapa kubangan air dan lumpur serta jalan berpasir juga disuguhi pemandangan kebun sawit, kebun karet dan nuansa hutan yang asri.

Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan yang memang dikhususkan untuk off-road seperti motor trail dan Jeep karena medan yang lumayan sulit. Jika tidak handal mengemudi akan merusak kendaraan roda empat Anda.

Setelah melewati medan tersebut, pengunjung disambut dengan hamparan pasir putih dan dapat menikmati pertemuan antara biru laut dan langit yang membuat siapapun terlena dengan keindahannya. Di sebagian bibir Pantai Jerangkat terhampar bebatuan yang berusia lebih dari 200 juta tahun yang diperkirakan menjadi salah satu petunjuk terbentuknya Pulau Bangka seperti batu diabas, batu metamorf dan batu granit.

Pantai Jerangkat dapat dijadikan sebagai lokasi berkemah bersama teman-teman atau komunitas. Pantai yang tergolong tenang ini juga sangat memungkinkan untuk berenang, snorkeling, bermain voli pantai bahkan berkendara karena pasirnya cukup padat.

Di tepi Pantai Jerangkat terdapat beberapa pondok-pondok kecil untuk bersantai dan cukup teduh karena ditumbuhi pohon cemara. Terdapat pula sejumlah pulau kecil di seberang Pantai Jerangkat yang dapat dijangkau menggunakan perahu tradisional.

Bahkan ada beberapa pulau kecil yang dapat didatangi dengan berjalan kaki saat air surut jauh. Yang sangat disayangkan dari Pantai Jerangkat ini adalah akses yang cukup memacu adrenalin dan memakan banyak waktu maka tidak banyak orang yang datang berkunjung.

Fasilitas yang ada di Pantai Jerangkat pun tidak banyak, sulit untuk mencari kamar mandi umum dan warung kecil. Sewaktu penulis berkunjung, hanya ada sekitar empat rombongan sehingga sangat diharapkan perhatian dan penataan dari pemerintah desa juga pemerintah daerah setempat agar daya tarik wisata ini dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Jika berkunjung ke Pantai Jerangkat ini, jangan lupa untuk memakai sunblock agar tidak terbakar. Di pantai ini juga masih sangat kental mitosnya, diharapkan untuk tidak mengambil dan meninggalkan apapun dan menjaga sikap terlebih untuk para wanita yang sedang berhalangan.

Sumber : Detik.com

Previous articleJustice for Audrey: Sebuah Isu Hasil Manipulasi Media
Next articleDear Traveler, Ini Cara Dapatkan Kartu Vaksin Tanpa Aplikasi