Sumber Liputan6.com

Papua adalah Tanah Surga

Travelista – Jika kalian menganggap Indonesia tidak punya keindahan alam yang tak sebagus di negara-negara di luar sana, itu salah besar. Indonesia mempunyai banyak sekali keindahan alam yang beraneka ragam. Mari kita tengok ke bagian Indonesia paling Timur, yaitu Papua. Mulai dari daratan hingga lautan, Papua menjadi surga bagi pengunjung atau turis yang ingin datang.

Papua masih sangat kental akan kearifan budaya lokalnya, tak heran banyak destinasi wisata di tanah surga Papua yang masih terjaga keindahannya dan jauh dari kata sampah berserakan. Karena masyarakat Papua sendiri sangat mencintai kebersihan lingkungan. Papua sendiri menyimpan berbagai macem destinasi tempat wisata yang wajib sobat Travelista kunjungi. Apa sajakah itu?

Berikut Travelista rangkum beberapa destinasi wisata di Papua yang pasti membuat sobat Travelista ingin ke sana:

1.Raja Ampat

Semua orang sudah tidak asing lagi mengenal Raja Ampat, salah satu destinasi wisata yang menjadi ikonik Papua yaitu Raja Ampat. Tidak hanya di Indonesia saja keindahan dan pesona Raja Ampat sudah terkenal hingga Mancanegara. Kawasan Raja Ampat merupakan daerah yang terdiri dari empat pulau besar, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil disekitarnya.

Raja Ampat banyak memiliki biota laut yang tidak ditemukan di tempat lain karena hampir sekitar 75% populasi laut dunia di temukan di perairan Papua, mulai dari ikan-ikan langka hingga beraneka ragam jenis ikan dan tumbuhan laut bakal dijumpai disini. Bagi yang hobi diving sangat direkomendasikan sekali mencoba di Raja Ampat.

Setelah puas menikmati keindahan Raja Ampat jangan lupa untuk membeli souvenir yang unik dan lucu, tentunya tidak bisa di temukan di sembarang tempat hanya di Raja Ampat.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Berlibur ke Papua jangan lupa ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia. Diresmikan tahun 1993 oleh Kementrian Kehutanan, taman nasional ini memiliki luas sekitar 1.453.500 hektar. Kawasan sekitar Teluk Cendrawasih meliputi pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon dan Yop.

Di Taman Nasional Teluk Cendrawasih banyak ditemukan berbagai flora dan fauna asli endemik Papua. Semua jenis flora dan fauna dilindungi oleh pemerintah sehingga tetap terjaga kelestariannya. Tak heran banyak turis lokal dan mancanegara bersinggah ke tempat keren satu ini.

3. Danau Sentani

Tidak kalah indah dengan pantai dan pulaunya saja, Papua memiliki danau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua dengan luas sekitar 9.000 hektar. Danau ini sangat menarik pesona, letak dari danau tersebut mudah dijangkau hanya ditempuh 50 kilometer dari Jayapura.

Diperairan danau Sentani terdapat berbagai jenis ikan air tawar. Danau ini dijadikan tempat wisata untuk kuliner, berenang, memancing ikan, permainan air dan yang pasti menyuguhkan spot foto yang instagramable. Untuk memutari sekitar danau Sentani kita bisa menyewa perahu dan jetski air. Jika berlibur ke Papua dengan harga terjangkau dan pas dikantong wajib berkunjung ke danau Sentani.

4. Lembah Baliem

Destinasi wisata yang terakhir yaitu lembah Baliem. Lembah Baliem merupakan lembah di sekitar pegunungan Jayawijaya (gunung tertinggi di Indonesia). Lembah ini dikenal dengan istilah “Grand Baliem Valley” yang merupakan tempat tinggal suku Dani, Lani dan Yali. Lembah Baliem terletak di desa Wosilimo, sekitar 27 kilometer dari Wawena.

Kerap dijadikan tempat wisata setiap tahunnya tepat di bulan Agustus di Lembah Baliem berlangsung diadakan festival adat yang diikuti seluruh suku disana. Para turis berbondong-bondong menyaksikan dan meramaikan festival tersebut.

Papua memiliki destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Papua dijuluki tanah surga karena memiliki kekayaan alam yang berlimpah, memilik flora dan fauna yang terjaga kelestariannya. Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga punya Papua dan harus menjaga keutuhan masing-masing suku dan adat istiadat. Salah satu destinasi tempat wisata yang favorit bagi turis lokal maupun mancanegara. Semoga bermanfaat sobat Travelista.

Travelista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here