Travelista – Indonesia Merupakan salah satu Negara yang penduduknya memiliki standar minat baca masih sangat rendah, hal itu dapat dilihat dari riset yang bertajuk Most Littered Nation In The World yang diadakan oleh Central Connecticut State University (CCSU) pada maret 2016 lalu.

Dari data yang didapat hasilnya Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara soal Minat Baca, hanya sedikit lebih unggul dari Bostwana yang berada diperingkat terakhir.

Berbanding terbalik dengan survey tersebut, dari data yang dirilis oleh wearesocial pada januari 2017 lalu, mengungkapkan bahwa orang Indonesia biasa menatap layar gadget kurang dari 9 jam setiap harinya.

Ini berarti masyarakat Indonesia lebih tertarik terhadap gadget dibandingkan membaca buku. Namun penggunaan gadget tidak selalu dapat disandingkan dengan hal negatif, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh didalamnya jika kita dapat dengan selektif menggunakannya.

Kemunculan Gadget merupakan dampak nyata dari munculnya beragam inovasi terbaru yang dilahirkan oleh kemajuan teknologi. salah satu fungsi yang diberikan gadget ialah sebagai media informasi yang bisa memberikan wawasan luas bagi para penggunanya.

Sebagai media informasi, banyak sekali bahan bacaan yang mudah ditemukan didalam gadget, seperti melalui media online,portal-portal berita online dan aplikasi berita online yang bisa dengan mudah diakses menggunakan internet.

Sudah banyak media sosial yang menyediakan fitur bacaan berita yang dapat berguna untuk meningkatkan minat baca seseorang. Salah satu media sosial yang memiliki fungsi tersebut adalah line.

Line memiliki beragam fitur yang ditawarkan. salah satu fitur yang dimilikinya adalah Line Today. Fitur ini menyediakan beragam berita menarik dari portal-portal berita populer yang ada di Indonesia hingga mancanegara.

Isi berita yang disajikannya pun sangat beragam, mulai dari  berita-berita terbaru hingga berita lainnya seperti, berita sosial, ekonomi,  teknologi hingga berita-berita politik sekalipun.

Para pengguna line today juga disajikan dengan beragam Fitur menarik agar pengguna line tertarik terhadap fitur tersebut, seperti layout Top, Showbiz, Live, News, Tranding, Sport, Videos, Movie, Games, Otomotif, Musik dan berbagai fitur lainnya. selain itu juga terdapat fitur komentar yang diberikan kepada para penggunanya agar bisa berpendapat dan lebih interaktif.

Source: Line Today

Line Today memiliki presentase pengguna yang selalu  meningkat setiap tahunnya, Seperti dalam survey yang dirilis oleh Hootsuite pada we are sosial ditahun 2019 yang hasilnya mengatakan bahwa pada tahun 2018 hingga 2019 memiliki pengguna yang terus meningkat hingga 13% dari total keseluruhan 150 Juta pengguna,  Tidak hanya itu dari semua media sosial yang digunakan oleh masyarakat di Indonesia hasil dari survey menunjukkan bahwa pengguna media sosial Line memperoleh presentasi 59% terkait media sosial yang paling sering digunakan. Dari survey tersebut dapat disimpulkan track yang dimiliki oleh Line Today terbilang cukup tinggi.

Banyaknya pengguna yang dijangkau, dengan beragam berita lengkap dan fitur-fitur menarik  yang disajikan oleh Line Today diharapkan mampu dijadikan “Track Alternatif” dalam menarik minat baca masyarakat Indonesia yang dapat dibilang cukup rendah, karena dalam kepuasan membaca dibutukan suatu minat membaca dalam diri seseorang, Seseorang yang memiliki minat membaca yang kuat akan dengan sadar terlatih dan mampu meningkatkan literasi membacanya, sebaliknya tanpa minat membaca seorang tidak akan mendapatkan hasil dari apa yang sudah dibacanya.

Penulis: Mohammad Fathur Rohman

Previous articleThread Twitter : Sebuah Tulisan yang Dapat Menggerakkan Masyarakat
Next articleKritik Pemerintahan Presiden Jokowi, BEM UI Beri Julukan “The King Of Lip Service “