Travelista – Ketika ingin melakukan traveling, terkadang kita terlalu fokus untuk mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan saat traveling. Baik itu pakaian, perlengkapan atau barang-barang lain yang dianggap penting.

Padahal, ada satu hal yang perlu juga dicatat dan disimpan ketika ingin melakukan traveling. Entah nantinya traveling dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi, yaitu nomor-nomor penting.

Dengan menyimpan dan mencatat nomor-nomor penting, maka Anda bisa mengantisipasi jika sewaktu-waktu terdapat kendala atau kejadian yang tidak diinginkan ketika sedang traveling.

Baca

Sebenarnya, nomor yang paling utama untuk dicatat dan disimpan adalah nomor telepon keluarga, saudara dan juga tetangga rumah. Namun jangan lupa tetap catat nomor-nomor penting di bawah ini juga.

1. Call Center BPJS Kesehatan : 1-500-400. Sobat Mojou sakit dalam perjalanan? ingin tahu rumah sakit mana saja yang menerima BPJS? bisa telepon nomor itu ya.

2. SMS Direktorat Lalu Lintas Polri : 9119. Ada masalah di perjalanan terkait lalu lintas? atau ada kemacetan tapi tidak ada petugas satu pun yang mengurai?  9119 solusinya.

3. Polisi : 110. Nomor ini bisa Sobat Mojou perlukan ketika membutuhkan bantuan dari pihak kepolisian ya. Baik itu kriminalitas atau kehilangan.

4. Pemadam Kebakaran : 113 atau 1131. Ada kebakaran? pemadam siap tanggap di nomor tersebut.

5. Ambulans : 118 dan 119. Ada yang sakit dan membutuhkan pertolongan darurat? ambulans melayani 24 jam.

6. Nomor Darurat Telepon Seluler dan Satelit: 112. Nomor tersebut bisa dipakai saat terdesak.

7. Bantuan Saat Terjadi Keracunan : 021-4250767 atau 021-4227875. Pernahkan Sobat Mojou singgah di suatu tempat dan tiba-tiba terjadi keracunan masal? wah kalau begitu langsung saja telpon nomor tersebut.

8. Badan SAR atau Search and Rescue: 115. Nomor SAR bisa dipakai sewaktu-waktu bencana atau kejadian yang memerlukan tanggap darurat terjadi.

9. Informasi Jalan Tol, Call Center Jasa Marga : 021 80880123 atau 80883210. Kendaraan Sobat Mojou mogok di tol? bisa langsung telepon call center jasa marga.

Nah, sejumlah nomor telepon tersebut akan membantu aktivitas saat traveling. Jadi apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan dari salah satu pihak bisa langsung menghubungi nomor telepon tersebut.

Namun alangkah baiknya jika Anda simpan nomor kerabat dan saudara ya. Jadi apabila terjadi sesuatu bisa langsung mengabarkan mereka.

(Nadila)

Travelista.id

Previous articleDestinasi Wisata di Bogor, Gak Bikin Dompetmu Terkuras
Next articleEmpat Tips yang Wajib diketahui sebelum Naik Kapal Laut