Travelista – Kereta Rel Listrik (KRL) tetap beroperasi saat penerapan PSBB diperketat. Akan tetapi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bakal mematikan bahwa masyarakat yang ingin menaikinya harus mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, sejumlah upaya bakal dilakukan KCI untuk mengurangi resiko penularan COVID-19. Diantaranya dengan mengurangi jam operasional KRL. KRL kan beroperasi pada pukul 04:00-21:00 WIB.

“Jam operasi ini nantinya juga akan dievaluasi kembali dengan mempertimbangkan kondisi pengguna di masa PSBB,” kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dilansir detikcom,  Minggu (12/9/2020).

Untuk segi pengguna disetiap KRLnya hanya diperbolehkan 50% atau 74 orang. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya penumpukan.

Selain itu setiap orang yang berada di dalam lingkungan stasiun maupun di dalam KRL diwajibkan menggunakan masker.

“KCI mengajak pengguna untuk menggunakan masker dengan benar. Gunakan masker hingga menutup mulut dan hidung dengan sempurna. Gunakan juga masker kain yang terdiri dari sekurang-kurangnya dua lapisan, atau jika memungkinkan dapat juga menggunakan masker sekali pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Penggunaan masker sangat penting untuk mencegah droplet yang keluar dari mulut dan hidung kita saat batuk, bersin, maupun sekadar berbicara,” tandasnya.