Lada adalah Kata yang Dilarang di Goa Jepang

Travelista – Setelah jilid 1 dan 2 menuai banyak tanggapan yang meminta untuk diadakannya jilid 3. Tim Travelista akhirnya menulusuri jika masih ada dua tempat lagi yang sebaiknya jangan dikunjugi.

Hampir sebagian orang jika ingin mebuat planning wisata, biasanya yang terbayang adalah tempat-tempat yang seru, mengasyikkan dan menarik. Atau, tempat-tempat yang penuh dengan spot permainan, alam yang indah untuk diupload dimedia social.

Baca Sebelumnya : Wisata Mistis Indonesia yang Sebaiknya Jangan Dikunjungi (Jilid I)

Tapi pernah gak sih, terpikirkan oleh kalian kalau berwisata ke tempat yang serem, angker, horror dan berbau mistis? Hmm, pasti tidak ada yang maukan. Namun, tanpa kalian sadari masih adaloh orang-orang dengan mental baja dan suka tantangan mistis untuk mendatangi tempat tempat angker dan bikin dada dag dug, Berikut rangkumannya.

1. Goa Jepang, Bandung

Sumber Tribunnews.com

Goa Jepang Bandung yang dibangun tahun 1942 di penjajahan Jepang. Konon katanya tempat ini digunakan sebagai gudang senjata, logistik dan ruang tahanan serta radio komunikasi. Kini, Goa ini bersama dengan Goa Belanda yang terletak di dekatnya berada di area Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda. Tahura Juanda berjarak sekitar 3 km dari Terminal Dago Bandung. 

Baca juga : Wisata Indonesia yang Sebaiknya Jangan Dikunjungi (Jilid II)


Namun, keberadaan Goa Jepang ini baru ditemukan sekitar tahun 1965 loh. Goa ini telah terselubuhng oleh semak belukar dan pepohonan. Menariknya, aneka senjata masih tersimpan baik di dalam goa.

Seiring berjalannya waktu tempat ini kemudian sering dijadikan tujuan wisata sejarah bagi masyarakat sekitar. Tapi, kabarnya, goa ini memiliki nuansa mistis yang kental. Pasalnya, pembangunan Goa Jepang konon menelan korban yang cukup banyak dan ada salah satu kata yang dilarang di Goa Jepang ini yaitu kata “Lada”.

Menurut cerita yangk diambil dari beberapa sumber masyarakat sekitar, bahwa Lada itu adalah nama seorang tokoh masyarakat yang begitu dihormati, yaitu Eyang Lada Wisesa. Jika seseorang nekat mengucapkan kata lada, konon akan mengalami kejadian-kejadian aneh dan mistis. Ada yang bisa tiba-tiba jatuh, kaki seperti ditarik bahkan dirasukin penunggu goa tersebut.

Selain itu, tempat ini pun sering dijadikan sebagai tempat penyiksaan bagi kaum pribumi. Hmm, karena sejarah inilah, penampakan sosok atau suara jeritan tak jelas sering menghiasi Goa Jepang ini. Cukup mengerikan deh kalau kamu beruntung menikmatinya.

2. Lawang Sewu Semarang

Sumber Brilio.net

Bangunan kuno yang juga dikenal sebagai ikon wisata Semarang ini disebut sebut punya gaya arsitektur yang apik. Bangunan yang dibangun pada masa peninggalan Belanda ini pun masih terbilang terawat dengan baik. Jadi, keindahan kemegahan jaman dulu pun masih terasa di Lawang Sewu.


Lawang Sewu ini telah ada sejak tahun 1904. Disebut Lawang Sewu dikarenakan bangunan ini memang punya banyak lubang pintu. Bayangkan saja, ada 429 buah pintu dengan daun pintu yang jumlahnya lebih dari 1.200.

REKOMENDASI : LIMA TEMPAT WISATA DI LABUAN BAJO

Akan tetapi ada yang bilang juga kalau pintu di Lawang Sewu ini jumlahnya tak pasti. Sebab setiap kali dihitung, akan menghasilkan jumlah hitungan yang berbeda. Tahu kenapa? Ya, Tersiat kabar jika tempat ini masih menyimpan nuansa mistis yang kental.


Selain sudah lama tidak ditempati, bangunan Lawang Sewu ini juga memiliki penjara bawah tanah. Penjara ini pun pernah digunakan sebagai tempat eksekusi mati yang dilakukan oleh tentara Belanda. Mayat-mayat pun sering dibuang begitu saja ke sungai kecil yang ada di samping bangunan ini.

Jadi, jangan heran kalau tempat ini menjadi destinasi yang membuat bulu kuduk anda merinding. Terutama, di area penjara bawah tanahnya. Bahkan, di lorong-lorongnya saja, kamu sudah bisa merasakan nuansa yang begitu mistis.

Travelista.id

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here