Wah ternyata ini!

Travelista – Indonesia tidak hanya terkenal dengan budaya dan tempat tempat wisata yang menarik, namun indonesia juga memiliki segudang keanekaragaman makanan, baik makanan tradisional hingga makanan modern, rempah-rempah yang dihasilkan berjumlah fantastis, tanah yang subur juga menjadi ladang panen segala macam tumbuhan serta tanaman.  

Karena itulah indonesia dahulu kala menjadi negara yang banyak diincar oleh negara lain, salah satunya belanda yang berhasil menguasai indonesia dan menyita sumber daya alamnya. 350 tahun belanda menguasai indonesia menyebabkan budaya belanda yang tanpa kita sadari masih kita melekat kita konsumsi.  

BACA JUGA :Ini Dia Aneka Jajanan Ringan yang Hampir Punah

Selain peraturan hukum yang masih mengadopsi hukum belanda, aneka makanan yang kita konsumsipun ternyata hasil adopsi makanan belanda. Bahkan aneka makanan dan masakan yang menjadi ciri khas budaya lokal orang indonesiapun berasal dari belanda.  

BACA JUGA :Ini Dia Buah Primadona Orang Papua

1. Lapis Legit  

Image result for lapis legit
sumber foto : tokopedia.com

Kue yang sudah sangat fenomenal ini hampir dijual diseluruh gerai minimarket, pasar hingga pusat oleh oleh di berbagai kota. Rasanya yang manis dan gurih membuat kue ini menjadi diburu oleh para pelancong untuk dijadikan oleh oleh, atau hanya sekedar untuk cemilan dirumah. Kue yang terbuat dari adonan telur, tepung maeizena, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga sangat disukai oleh orang orang eropa, pada masa itu, kue lapis legit disebut juga dengan nama kue spekkoek alias spekuk.  

2. Semur  

Image result for semur
sumber foto : idntimes.com

Siapa yang tidak suka dengan masakan aneka semur, berbagai macam olahan semur marak dijajakan di warung nasi, hingga masakan padang. Pasti tidak banyak yang mengira kalau hasil olahan semur sebenernya berasal dari belanda. Dilansir dari suara.com semur dalam bahasa belanda adalah smoor yang berarti makanan rebus, di belanda sendiri smoor berisi daging olahan yang direbus bersama bawang serta tomat dalam waktu cukup lama.  

3. Klappertaart  

Image result for klappertaart
sumber foto : ellafood.com

Kue yang menjadi ciri khas manado ini ternyata juga merupakan kue peninggalan belanda yang masih digemari oleh masyarakat indonesia. Rasanya yang enak membuat semua orang memburu kue yang satu ini. Adonan yang terbuat dari tepung, susu, mentega, dan kelapa ini adalah salah satu kuliner peninggalan Belanda yang masih sangat digemari oleh masyarakat Indonesia apalagi dengan inovasi rasa yang semakin berkembang membuat kue yang satu ini makin eksis di dunia kuliner.  

Perlu diperhatikan dan selalu dilestarikan, kita sebagai warga negara Indonesia patut bangga akan kekayaan yang ada di negara kita. Makanan yang berlimpah dan beraneka jenis. Semoga bermanfaat sobat Travelista.

Travelista

Previous articleIni Dia Buah Primadona Orang Papua
Next articleEmpat Hantu Indonesia yang Mendunia, Berani Baca?