Minum kopi sudah jadi lifestyle saat ini

Travelista – Di zaman sekarang minum kopi sudah jadi kebiasaan yang harus dipenuhi hampir setiap kalangan. Terutama generasi millenial, mereka memburu coffee shop yang memiliki suasana mendukung untuk menikmati sensasi minum kopi.

Selama ini kopi sudah menjadi minuman yang tidak bisa ditinggalkan oleh segilintir orang. Kafein yang terdapat dalam kopi bisa membuat seseorang tersebut merasa ketagihan dan berkecanduan.

Dilansir dari Survei yang dilakukan oleh Dunkin ‘Donuts and CareerBuilder menunjukkan bahwa kopi punya peran utama dalam membantu para pekerja mendapatkan semangat pagi di tempat kerja. Secara keseluruhan, sebanyak 43 persen responden peminum kopi mengaku kurang produktif bila tak meminum “cup of Joe” nama lain secangkir kopi bagi orang-orang Amerika.

Survei ini dilakukan secara online di Amerika Serikat pada 2012 terhadap 4.152 pekerja penuh waktu, berusia di atas 17 tahun. Proporsi pekerja paling tinggi yang merasa hari-harinya kurang produktif tanpa kopi dimulai dari pekerja bidang pelayanan, seperti pramusaji. Selanjutnya ada ilmuwan, sales representatives, marketing/public relations professionals, pekerja di bidang kesehatan, editor/penulis/pekerja media, business executives, guru, teknisi, dan terakhir adalah manajer TI/administrator jaringan.

BACA JUGA :Kota-kota ini Dijamin Serba Murah, Penasaran?

Sobat Travelista pasti suka bukan dengan secangkir kopi? yuk simak beberapa ulasan tentang waktu yang tepat dan cocok untuk menikmati sensasi minum kopi yang berhasil Travelista rangkum :

1. Minum kopi di pagi hari ternyata tidak baik bagi tubuh

Image result for minum kopi pagi
sumber foto : lifestyle.okezone.com

Meminum kopi sebaiknya dikonsumsi apabila keadaan hormon kirtosal rendah, sedangkan pagi hari hormon ini berada dipuncaknya yang mengakibatkan manfaat dari kopi tersebut tidak efektif. Maka sebaiknya dipikirkan ulang untuk meminum kopi di pagi hari. Menurut Steven Miller, Neuroscientist di Uniformed Services University of the Health Sciences di Maryland, mengatakan bahwa waktu minum kopi yang paling bagus adalah setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya atau setelah pukul 9 pagi.

2. Pertengahan Pagi (09.30-11.30)

Image result for minum kopi pagi
sumber foto : cnnindonesia.com

Dilansir dari Telegraph “Di pagi hari, kopi paling efektif dinikmati antara pukul 09.30 hingga 11.30, saat kadar kortisol Anda menurun sebelum setelahnya naik lagi.” Di pertengahan pagi ini biasanya hormon kirtosal menurun dan rendah, maka hal yang berguna untuk meningkatkan hormon tersebut minum kopi untuk kembali stabil serta manfaat yang diperoleh dari kopi tersebut berguna bagi tubuh.

BACA JUGA : Lima Tempat Penghilang Jenuh yang Sebaiknya tidak Dikunjungi

3. Sebelum Olahraga

Image result for sebelum olahraga minum kopi
sumber foto : womantalk.com

Menurut beberapa orang, meminum kopi sebelum berolahraga sangat membantu. Mengapa demikian? karena zat kafein yang ada dalam kopi membantu meningkatkan metabolisme sebesar 3-11%. Sebaiknya, mengkonsumsi kopi minimal 30 menit sebelum memulai olahraga untuk mendapat hasil yang maksimal dan bugar.

4. Sebaiknya hindari minum kopi malam hari

Image result for kopi malam hari
sumber foto : doktersehat.com

Banyak orang bertanya-tanya mengapa minum kopi malam hari tidak baik bagi tubuh? disini Travelista tahu jawabannya! Zat kafein/efek kafein dalam kopi bisa bertahan selama 6 jam dalam tubuh, hal ini mengakibatkan jika meminum kopi malam hari bisa mengganggu kualitas tidur seseorang. Tapi, untuk sebagian orang lebih suka menikmati kopi dimalam hari karena mereka melakukan aktivitas seperti lembur kerja, mengerjakan skripsi atau nongkrong dengan teman.

Perlu digaris bawahi meminum kopi ada sisi positif dan negatif, pelajari yang positif dan jauhi yang negatifnya. Konsumsi seperlunya saja dan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi banyak-banyak untuk menghindari efek samping dari kopi tersebut. Semoga bermanfaat.

Travelista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here