Tips Mendaki

Travelista – Pendakian kini tengah menjadi tren di Indonesia. Aktivitas ini tengah digandrungi oleh laipsan masyarakat, baik muda atau pun tua kini berlomba-lomba untuk dapat menaklukan puncak gunung. Entah demi hobi atau eksistensi tersendiri, mereka rela melakukan olahraga yang bisa dibilang cukup ekstrim.

Tak bisa dipungkiri, mendaki gunung adalah aktivitas yang cukup berbahaya dan butuh persiapan matang untuk melakukannya. Berkemah di tengah hutan yang curam, tentu ancaman akan selalu datang. Butuh persiapan ekstra agar ancaman tersebut dapat diminimalisir. Bagi pendaki senior, perisapan matang suatu hal yang harus dilakukan.

Baca juga: Lima Produk Perlengkapan Outdoor Asli Buatan Indonesia yang Bikin Bangga

Namun terkadang ada hal sepele yang dilupakan, padahal sesuatu yang disebut sepele itu ternyata penting tetapi kerap dilupakan pendaki. Apa sajakah hal sepele tersebut? Berikut Travelista rangkum 5 hal sepele yang ternyata penting yang kerap dilupakan pendaki:

1. Survei Lokasi

Hasil gambar untuk lokasi

Bagi sebagian pendaki, khususnya para pemula hal ini kerap terlewatkan akibat semangat yang menggebu-gebu. Pendakian yang tengah jadi tren di Indonesia ini membuat sebagian pendaki lupa bila survei lokasi adalah hal penting yang harus dilakukan.

Survei lokasi penting dilakukan untuk mengetahui medan apa yang akan dihadapi. Bila tidak diperhatikan, maka pendaki yang kurang persiapan pasti akan kaget dan menjadi sesuatu hal yang menyusahkan.

2. Latihan Fisik

Hasil gambar untuk latihan fisik

Pasti sobat Travelista kerap menyepelekan latihan fisik inikan? Untuk kedepannya sobat Travelista harus mempersiapkan fisik terlebih dahulu sebelum mendaki. Meski gunung yang didaki itu tidak terlalu tinggi, latihan fisik harus dilakukan guna mepersiapkan tubuh agar fit dan siap menghadapi rintangan di alam.

Tak perlu terlalu membebankan tubuh, minimal cukup lari pagi atau sore dua bulan sebelum hari pendakian guna memperkuat otot tubuh atau mempersiapkan langkah kaki  agar tidak kaget saat mendaki nanti.

3. Obat-obatan

Hasil gambar untuk obat obatan\

Hal penting yang kerap dilupakan para pendaki berikutnya yakni obat-obatan. Meski berangkat dengan keadaan fit, tetapi sobat Travelista tetap harus membawa obat-obatan, baik itu untuk pribadi atau pun untuk kelompok. Tidak ada yang tahu ketika di alam apa yang akan sobat Travelista hadapi.

Sebelum berangkat, pastikan dulu apakah dalam kelompok ada yang memiliki penyakit atau tidak. Jangan hanya karena eksistensi, Anda lupa menjaga diri.

4. Kroscek Perlengkapan Pendakian

Hasil gambar untuk perlengkapan pendakian

Tak sedikit pendaki yang menyepelekan hal satu ini. Dianggap telah dimiliki, sebagian peralatan seperti tenda, alat masak, dan lainnya tidak dikroscek terlebih dahulu. Hal ini cukup berbahaya, bagaimana ketika sudah sampai di tempat kemping, tenda yang dibawa ternyata robek? Tentu ini akan membuat Anda kedinginan.

Alangkah baiknya sebelum mendaki Anda kroscek terlebih dulu apakah tenda ada yang sobek atau tidak, peralatan masak lengkap, juga sudah memenuhi perlengkapan yang lain.

5. Bawa Uang Lebih

Hasil gambar untuk uang

Biasakan bawa uang lebih ketika mendaki ataupun berpergian ke tempat lain. Tidak akan ada yang tahu masalah apa yang akan Anda hadapi kedepannya. Meski sudah dihitung secara terperinci, tidak ada salahnya jika Anda membawa uang lebih. Jangan sampai keuangan Anda membuat rekan merasa terbebani.

Travelista

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here