Travelista – Fenomena alam merupakan peristiwa yang tidak dibuat-buat ataupun diciptakan oleh manusia. Contoh umum dari fenomena alam seperti cuaca, hujan, letusan gunung berapi, tsunami, tornado dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di dunia ini tentunya ada banyak sekali tempat yang menakjubkan dan juga indah. Namun, tahu kah kamu jika ada beberapa tempat aneh di dunia yang melawan hukum alam, salah satunya ada di wilayah Indonesia. Fenomena alam yang terjadi di sana sampai saat ini masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Bahkan para ilmuwan masih berjuang keras untuk memahami bagaimana keanehan dari tempat-tempat tersebut. Berikut 5 daftar tempat aneh yang melawan hukum alam yang berhasil Travelista rangkum :

BACA JUGA : Ini Tempat Wisata Manado yang Diperhatikan Jokowi

1. Lava Biru di Indonesia

Related image
sumber foto : bosenbanget.com

Lava Biru di Kawah Ijen terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Kawah Ijen ini sangat indah karena mengandung cahaya lahar yang berfikir biru menyembur dari dalam kawah, tetapi keindahannya juga mengundang tanda tanya banyak peneliti dari barat jauh-jauh datang ke Indonesia untuk meneliti fenomena tersebut.

Para ilmuwan benar-benar sudah mempelajari bagaimana hal itu dikeluarkan lahar, tetapi itu adalah gas belerang yang ada di dalam suhu mencapai 360 derajat celcius untuk menyembur dan mengeluarkan api 5 meter ke udara.

Gas tersebut mengembun menjadi belerang cair yang akhirnya meleleh dan kompilasi di malam hari akan terlihat seperti lava neon berwarna biru yang sangat indah.

2. Sungai Petir di Venezuela

Image result for sungai petir venezuela
sumber foto : tribunnews.com

Sungai yang selalu ditarik dari Petir ini berada di Venezuela, sungai ini bernama Sungai Catatumbo. Setiap malamnya mulai pukul 7 petir akan menyambar udara selama 10 jam.

Fenomena ini terjadi hampir setiap hari hingga mencapai 260 malam yang akan dibahas oleh sambaran petir. Pada tahun 2010 petir di sungai ini sempat berhenti menyambar, namun setelah 6 minggu berhenti, petir ini akhirnya menyambar kembali lagi hingga sekarang.

Para ilmuwan yang datang untuk mempelajari ke sana, memprediksi jika fenomena ini terjadi karena uranium yang terkandung dalam bebatuan di Sungai Catatumbo. Namun, tidak semua yang setuju dengan hasil prediksi tersebut, sehingga fenomena petir yang menyambar ini masih menjadi misteri.

BACA JUGA : Menelisik Es Dawet Jembut Kecabut

3. Taman Tenggelam di Austria

Image result for taman tenggelam austria
sumber foto : dreamers.id

Taman tenggelam bernama Gruner See di Austria ini menjadi tempat yang mempunyai fenomena sangat aneh. Karena jika musim semi datang, taman indah dengan jalur hiking dan tempat duduk untuk menikmati panorama pinggir danau ini akan hilang dan tenggelam. Sehingga butuh alat selam untuk dapat menikmati pemandangan tersebut. Jika berenang di danau ini, kamu akan melihat tempat duduk taman, jembatan, bahkan pepohonan dan juga beberapa bunga pegunungan Alpen. Namun saat musim panas datang, taman ini akan muncul kembali ke permukaan. Taman Gruner See terletak di sebuah area hutan yang dikelilingi oleh gunung Hochschwab.

4. Air Sumur di Inggris

Related image
sumber foto : pinterest.com

Sumur bernama Petrifying Welly yang terletak di dekat gua Mother Shipton di Knaresborough, Yorkshire Utara, Inggris, memiliki fenomena yang cukup aneh. Air dari sumur ini akan membuat apapun yang berubah airnya akan menjadi batu.

Masyarakat awam di sana percaya jika sumur ini telah dikutuk oleh penyihir. Sementara para peneliti yang mencoba, mengatakan bahwa ini memiliki kandungan mineral yang tinggi.

Kandungan tersebut lah yang membuat kompilasi tersentuh oleh udara, akan menjadi lapisan yang keras. Hal ini sama terus dengan cara terbentuknya stalaktit dan stalakmit di gua, hanya saja periodenya sangat jauh berbeda. Air dari Sumur Petrifying Welly akan membuat apapun mengeras lebih singkat.

5. Sungai Mendidih di Peru

Image result for sungai mendidih peru
sumber foto : kumparan.com

Sungai Shanay-Timpishka yang berada di wilayah aliran Sungai Amazon, Peru, memiliki keanehan yaitu suhu airnya sangat panas. Jika biasanya air sungai terasa panas karena belerang yang ada di dekat gunung berapi, tetapi tidak dengan sungai ini.

Gunung berapi terdekat dari Shanay-Timpishka berjarak 700 kilometer diambil. Suhu temperaturnya mencapai 91 derajat celcius, hal ini membuat para hewan yang tidak sengaja melewati termasak hidup-hidup.

Para peneliti dan peneliti telah mencari tahu sumber dari keanehan ini, sebuah teori yang disangkal oleh para peneliti, panas bumi yang tersalur dari kerak bumi menjadi sumber panas dari sungai ini. Sistem geotermal inilah yang hanya dapat ditemukan di Sungai Shanay-Timpishka.

Itulah 5 tempat aneh di dunia yang melawan hukum alam. Walaupun beberapa sudah diteliti dan terdapat teori yang menjawab dari keanehan-keanehan itu, namun tetap saja masih banyak yang belum percaya dengan penjelasan ilmiah tersebut. Semoga bermanfaat, (Naufal)

Travelista

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here