Travelista.id, Jakarta – Pandemi COVID-19, khususnya di Indonesia membuat pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Cara ini pilih karena dianggap paling efektif untuk memutus mata rantai virus corona.

Dengan diberlakukannya PSBB, masyarakat diwajibkan untuk tetap di rumah saja dan tidak boleh keluar, terkecuali ada urusan yang penting serta diharuskan menggunakan masker. Diwajibkannya masyarakat untuk tetap di rumah, tentu akan membuat mereka merasa bosan.

Kegiatan yang sama dan berada di tempat sama pula akan membuat stress, karena aktivitas berkutat di situ-situ saja. Kendati demikian, ternyata ada lho cara agar Anda bisa merasakan berwisata kendati tetap berada di rumah.

Caranya adalah dengan melakukan virtual traveling. Anda bisa merasakan sensasi nyata, karena beberapa tempat wisata menawarkan pertunjukan serupa, mulai dari museum di Indonesia hingga luar negeri, kebun binatang, sampai hotel pun menawarkannya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati panorama aurora borealis di Kanada lewat virtual traveling. Seperti yang dilansir dari Travel anda Leisure, kanal siaran langsung asal Kanada yang menyiarkan panorama tersebut dari webcam di kawasan Churchill, Manitoba.

Yuk langsung saja berikut adalah beberapa contoh virtual traveling yang bisa Anda coba di rumah:

Akuarium Virtual

Anda dapat merasakan indahnya biota laut lewat akuarium virtual yang dipersembahkan oleh Tim Boston’s New England Aquarium. Dengan tangan-tangan terampil, mereka membawa kehidupan akuarium mereka ke masyarakat global melalui Facebook Live.

Mereka memiliki jadwal untuk penayangan menakjubkan, seperti memberikan pakan ikan di akuarium, memperlihatkan lebih jelas kehidupan akuarium di sana, serta masih banyak lainnya.

Tim Boston’s New England menayangkan beragam tayangan bermanfaat selama pandemi COVID-19 berlangsung guna memberikan edukasi dan kebahagian untuk semua orang di seluruh dunia.

Menikmati Pertunjukan Musik Virtual

Adanya pandemi global membuat beberapa pertunjukan di seluruh dunia dibatalkan. Kendati demikian, Anda tetap bisa menikmati pertunjukan tersebut melalui dunia virtual.

Terdapat beberapa pertunjukan musik yang membuka perpustakaan pertunjukan digital, salah satunya adalah Philharmonie Berlin yang melayani pertunjukan virtual dengan lebih dari 600 pertunjukan.

Keliling Dunia Virtual

Adanya virtual reality membuat beberapa destinasi wisata dibelahan dunia dapat dengan mudah dijamah, termasuk mengunjungi puncak tertinggi di Gunung Everest. Meskipun teknologi VR bukanlah hal yang baru, namun fitur tersebut sangat berguna dan membantu Anda agar bisa menjelajahi segala tempat wisata secara jelas.

Anda bisa dengan mudah berwisata virtual dengan menggunakan beberapa perangkat, seperti headset, Oculus Rift, atau HTC Vive. Selain itu, kamu juga bosa menggunakan Google Cardboard VR Viewer.

Belajar di Museum Virtual

Beberapa museum kini menghadirkan tour virtual yang bisa Anda akses secara online, salah satunya adalah Louvre Museum. Di museum ini, Anda bisa melihat koleksi artefak Mesir kuno dan beberapa artefak terbaru di Balerie d’Apollon.

Meski di rumah saja, Anda tetap bisa merasakan sensasi belajar di museum speerti mengunjunginya langsung.

Itulah beberapa virtual traveling yang bisa Anda lakukan. Mari terapkan PSBB demi memutus rantai COVID-19. Bersama kita lawan virus corona agar tercipta Indonesia yang sehat dan kuat.

Travelista

Previous articleTerapkan PSBB, Pemerintah Kota Depok Siapkan 19 Check Point
Next articleKasus WNI Positif Corona di LN Turun 714: 333 Sembuh, 38 Meninggal