Sumber Romadacade, Lebaran

Travelista – Tinggal menghitung hari, umat Islam dunia merakan Sholat Idul Fitri (ID), akan tetapi fatwa MUI menyatakan untuk melakasanakan Sholat ID dirumah saja. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Beberapa kalangan menyebut bahwa dilaksanakannya dirumah, akan terasa berbeda dan terkesan hampa. Namun, kalian tahu engga sih agar melasakan Sholat ID tetap merasa menyenangkan, meski dilaksanakan dirumah.

Seperti yang diberitakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan fatwa mengenai salat Idul Fitri di masa pandemi virus Corona. Fatwa tersebut memuat ketentuan salat Idul Fitri di rumah, baik berjemaah maupun sendiri (munfarid).

Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat Pandemi COVID-19 telah diterbitkan MUI pada Rabu (13/5/2020).

Berikut tips Rayakan Lebaran saat Pandemi Corona.

  1. Silaturahmi Online
Sumber Foto, Liputan6, Silaturahmi Online

Silaturahmi kepada sanak saudara saat mudik lebaran memang telah menjadi budaya di Indonesia khususnya. Namun, silaturahmi dengan cara mudik ke kampung halaman tidaklah dianjurkan di tengah situasi seperti sekarang di mana Corona (COVID-19) mewabah.

Baca juga

Karena itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berharap masyarakat tetap bisa menjalin silaturahmi erat dengan cara online di tengah situasi ini. Menurut MUI, silaturahmi paling cocok di saat pandemi Corona paling cocok melalui

“Menyemarakkan bulan Ramadhan dengan berbagai aktivitas ibadah, di akhir ada aktivitas yang menjadi budaya berbalut norma keagamaan yaitu mudik Ramadhan. Tapi ada satu hal yang perlu kita ingat dan juga kita sadari bersama. Hari ini, pemerintah telah menetapkan Jabodetabek sebagai kawasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masuk kategori zona penularan tingkat tinggi,” kata Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Ni’am Sholeh, melalui siaran langsung dari kanal YouTube BNPB, Senin (13/4/2020).

2. THR Online

Sumber Foto Tribunnews, THR

Tunjangan Hari Raya (THR) melalui Online mungkin akan bisa mengobati rindu kita untuk merayakan hari kemenangan Sholat Idul Fitri. Sebab, kita akan tetap mendapatkan uang meski tidak bertatap muka, yaitu dengan di Trasnfer Online atau Bank-Bank di Indonesia.

3. Makan Bersama Online

Sumber Foto, Mediun.com

Menikmati hidangan Idul Fitri pada saat lebaran adalah momen yang paling menyenangkan. Sebabnya, bisa bertemu sanak saudara dan menikmatinya dengan tawa atau canda.

Tips membagi, dengan Makan bersama online, yaitu dengan memuat menu yang sama dengna saudara jauh dan sambil melakukan Vcall. Hal itu dapat menyembuhkan obat rindu saat-saat saat Lebaran.

Travelista.id

Previous articleKota Kelahiran Han Soo Hee World of Married Couple Bikin Pengen Kesana
Next articleMenelisik Sungai Cisadane dari Kolonial hingga Moderen