Grab dan Gojek, Source GadgetSquad.id

Sistem Promosi yang Berbeda Jadi Perbandingan Utama Dua Kompetitor ini

Travelista – Ojek Online merupakan kendaraan transportasi berbasis online yang prosesnya dilakukan dengan melakukan pemesanan melaui sistem aplikasi. Berbeda dengan ojek pangkalan yang penumpang datang langsung ke pangkalan ojek yang ada.

Jadi Ojek Online atau biasa disebut ojol bakal semakin memudahkan penumpang dalam memesan ojek, sebab mereka akan datang menghampiri penumpang ke tempat yang diarahkan. Selain itu penumpang akan mengetahui langsung jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

Baca juga : Pesona Cantik Istri Mantan CEO GOJEK

Sebagai pengguna ojek online, Anda perlu tahu perbandingan Gojek dan Grab. Karena dengan begitu, kalian bisa pahami harga yang ditawarkan dari masing-masing jasa online tersebut.

Mungkin yang sering ditanyakan oleh para pecinta Ojek Online (Ojol) adalah soal harga dan jasa dan promo-promo yang disediakan. Berikut perbandingan-perbandingan Gojek dengan Grab.

1. Gojek

Source, WhatsApp @DoniSatria

Gojek adalah sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini dibentuk pada tahun 2010 di Jakarta dan dirikan langsung oleh Nadiem Makarim. Untuk saat ini total ada 8 layanan ditawarkan Gojek. Selain layanan utama ojek online Go-Ride, pihak gojek juga memberikan layanan lainya seperti:
1. Go-Car
2. Go-Send
3. Go-Food
4. Go-Mart
5. Go-Busway
6. Go-Tix
7. Go-Box
8. Go-Clean
Dengan 220 ribu armada dan hingga kini terus meningkat Go-Jek menguasai pasar lokal dengan operasional yang mencakup hampir semua kota-kota besar di Indonesia. Seperti kota Jabodetabek, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Palembang, Medan, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Manado, Solo, Samarinda, Malang dan Batam.

Terkait harga yang dikeluarkan pihak Gojek yaitu:
Jam Sibuk (Rush Hour) 06:00-09:00
16:00-19:00

Untuk jarak tempuh 5 km dengan GO-RIDE, berarti Anda perlu membayar, Rp 2.500 x 5 = Rp 12.500.
Jika jarak tempuh 15 km, maka tarifnya adalah: Rp 3.000 x 15 = Rp 45.000. Tarif minum Rp 8000.

Kemudian ngomongin harga, tidak lengkap jika tidak berbicara promo. Jadi, potongan harga yang diberikan pihak Gojek, jika menggunakan uang elektronik GO-PAY, Anda akan mendapatkan potongan hingga 50%. Bukan hanya itu, pihak gojek mempunyai voucher promo tersendiri yang mendapatkan potongan harga menarik.

Baca juga : Siapa Orang Pertama yang Terdaftar Sebagai Driver Gojek? Ini Orangnya!

2. Grab

Pengendara Grab ketika istirahat, Source @RestuPambudi

Grab adalah salah satu platform O2O yang bertempat tinggal di Singapura dan paling sering digunakan di Asia Tenggara. Mereka menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi para pelanggan seperti:

  1. GrabBike
  2. GrabCar
  3. GrabHitch
  4. GrabExpress
  5. GrabFood
  6. GrabTaxi Promo
  7. GrabTaxi

Jumlah armadanya yang disediakan pihak grab menyampai 250 ribu mitra dan hingga kini terus meningkat. Namun angka itu mencakup penyebarannya di Asia Tenggara. Perusahaan yang dipimpin Anthony Tan ini memang tak hanya fokus di Indonesia, melainkan mengincar pasar Asia Tenggara. Seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja dan Filiphina.

Jika melihat Go-jek mereka menggunkan sistem promosi melalui voucher. Namun Grab melakukan cara berbeda dengan gaya tematik, yakni memasukkan kode tertentu untuk mendapatkan diskon, bahkan menggratiskan tarif perjalanan.

Sejenis Go-Jek, Grab juga memberlakukan jam sibuk atau rush hour yaitu pada pagi hari 06.00-09.00 dan sore 16.00-19.00. Di jam-jam ini, tarif yang diberikan untuk jarak tempuh 15 km dengan GrabBike pada jam sibuk, berarti Anda perlu membayar:
12 km pertama = 12 x Rp 1.750 = Rp 21.000
3 km selanjutnya = 3 x Rp 3.000 = Rp 9.000
Biaya tambahan jam sibuk = Rp 2.500
Total = Rp 32.500.
Tarif tidak sibuk Rp 10.000
Promo-promo yang diberikan dari Grab seperti, potongan makanan hingga 50% hingga cash back 100.000 jika menggunakan uang elektronik OVO.

Kesimpulannya, apapun jenis Ojol yang kalian pakai. Mereka sangat membantu kita saat aktifitas kerja atau saat kita bingung menaiki transportasi umum apa saat berkunjung ketempat yang diinginkan.

Travelista.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here