Naik pesawat takut di awal doang!

Travelista – Halo traveler, Pesawat terbang sudah bukan hal yang bisa dinaiki oleh beberapa orang saja. Mungkin dahulu hanya orang-orang berkantong tebal dapat menaiki salah satu alat transportasi ini. Namun semakin berjalannya waktu dan semakin terjangkaunya harga tiket pesawat. Hampir orang yang berekonomi menengah bahkan kebawah bisa menikmati burung besi ini.

Walaupun hanya sekedar setahun sekali yaitu diwaktu libur lebaran (pulang kampung). Bagi kalian yang akan menggunakan pesawat untuk pertama kalinya, jangan khawatir, berikut sedikit tips dan panduannya.

Pertama: Tiket pesawat dapat dipesan dengan banyak cara, diantaranya; E-Commerce, e-Ticketing bahkan di website resmi maskapai itu sendiri. Disaat memesan tiket disarankan sebaiknya memperhatikan dengan sangat teliti tanggal dan waktu keberangkatan. Waktu yang disarankan tiba di Bandara adalah 1,5 jam sebelum keberangkatan

Kedua: Membawa e-KTP atau kartu identas lain cthnya: SIM. Untuk perjalanan ke luar negeri cukup menggunakan Paspor. Setibanya di Bandara, anda akan memasuki gate keberangkan dan disana akan ada pemeriksaan (siapkan e-ticket/ print ticket) yang sudah dipesan sebelumnya atau cukup menunjukkan tiket pada layar HP. Nanti akan ada pemeriksaan awal, sebaiknya anda melepas peralatan yang mengandung metal dan memasukkannya ke dalam tas, khusus laptop sebaiknya dikeluarkan dari tas.

Ketiga: Check in, waktu checkin bisa dilakukan paling cepat 1,5 jam sebelum pesawat lepas landas (take off). Jika anda membawa bagasi agar dapat diperhatikan berat bawaan anda karena akan beberapa maskapai hanya memberikan free bagasi 20kg. Sisanya akan dikenakan biaya bagasi tambahan sesuai kebijakan masing-masing maskapai.

Boarding: Selanjutnya anda akan menuju ke lokasi pemeriksaan kedua, disarankan tidak membawa air dan senjata tajam, gunting, dll yang dapat menyebabkan anda terhalang untuk keberangkatan. Agar tidak terkendala sebaiknya anda menyimpan barang-barang tsb di dalam bagasi dan tidak membawa ke dalam kabin pesawat.

Menunggu masuk pesawat: Biasanya waktu memasukin pesawat 30 menit sebelum lepas landas (take off). Akan lebih baik jika anda menunggu tepat di depat gate, agar setidaknya anda tidak perlu repot-repot berjalan jauh pada saat boarding ke dalam pesawat sudah tiba.

Memasuki pesawat: Jika ada panggilan masuk ke dalam pesawat, diperhatikan kembali nomor keberangkatan dan maskapai pesawat anda jangan sampai salah masuk pesawat.

Take Off: Anda diharuskan menggunakan sabuk pengaman dan memperhatikan arahan awak kabin sebelum pesawat lepas landas.

Landing: Istilah lainnya adalah wajtu mendarat pesawat. Jika anda ingin melepas sabuk pengaman, sebaiknya menunggu pesawat benar-benar berhenti. Dan menunggu arahan awak kabin. Perhatikan barang bawaan anda sekali lagi.

Barang Bagasi: Setelah turun dari pesawat jangan lupa menuju ke pengambilan barang bagasi bagi kalian yang ada barang tambahan di bagasi. Sangat disarankan anda memperhatikan kode penerbangan anda agar anda mengantri di antrian bagasi yang tepat, karena nanti setibanya di bandaara akan ada beberapa antrian di beberapa kode penerbangan.

Menggunakan transportasi umum sangat disarankan bagi anda yang ingin menghemat biaya. Terlebih lagi dari Bandara ke tempat tujuan anda. Semoga bermanfaat.

Travelista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here