Yakin gasuka makanan favorit orang Indonesia?

Travelista – Siapa yang tidak suka rendang? Makanan khas Indonesia ini tepatnya dari Padang, Sumatera Barat, sudah tidak perlu diragukan lagi kenikmatan cita rasanya. Namun, makanan lezat berbahan dasar daging berbumbu dan santan ini seringkali juga disebut berasal dari Malaysia.

Lantas, apa perbedaan rendang Indonesia dengan rendang dari negeri jiran yang sesama rumpun Melayu itu? Pada 2017 lalu, rendang dinobatkan sebagai makanan paling enak nomor satu sedunia pilihan pembaca internasional CNN atau “World Best Foods Reader Choice”, bersama nasi goreng di peringkat 2 dan sate yang menempati posisi 14. Di situ dituliskan bahwa rendang berasal dari Indonesia.

BACA JUGA : Lima Warung di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Adapun kuliner dari Malaysia yang masuk dalam jajaran 50 makanan terbaik versi pembaca CNN internasional tersebut hanya ada satu jenis makanan, yaitu Penang asam laksa yang berada di urutan 26. Mengenai klaim asal rendang dari Indonesia maupun Malaysia, masing-masing pastinya punya alasan tersendiri.

Dikutip dari tulisan “Rendang: The Treasure of Minangkabau” karya Muthia Nurmufid dan kawan-kawan yang terhimpun dalam Journal of Ethnic Foods (2017), istilah “rendang” berasal dari kata marandang yang bermakna “secara lambat”.

BACA JUGA : Ini Bedanya Melayu dengan Minang

Secara geografis, rendang adalah masakan asli Minangkabau, Indonesia yang disajikan dengan daging sapi maupun ayam. Namun, Malaysia memiliki versi rendang sendiri yang biasanya dikombinasikan dengan nasi lemak.

Penasaran ga sobat Travelista apa saja perbedaan rendang Indonesia dengan rendang Malaysia? yuk simak beberapa ulasan yang berhasil Travelista rangkum :

1. Soal Tekstur

Image result for tekstur rendang
sumber foto : romadecade.co.id

Rendang Malaysia memiliki tekstur yang lebih empuk. Berbanding terbalik dengan rendang Indonesia yang memiliki serat daging lebih tebal. Namun, rendang Malaysia terlihat jauh lebih kering dan nggak berminyak seperti kebanyakan rendang di Indonesia. Nggak heran, rendang Malaysia terlihat seperti daging empal.

2. Salam Koja

Image result for salam koja rendang
sumber foto : indozone.id

Untuk memasak rendang, kamu harus memasukkan daun salam agar rasanya lebih nikmat. Nah, perbedaan rendang Malaysia dengan Indonesia adalah jenis daun salamnya. Rendang Malaysia menggunakan daun salam koja. Sehingga, rasa yang dihasilkan jauh lebih kuat dan punya karakter.

3. Lebih Juicy

Pada umumnya, rendang disajikan dengan nasi. Nah, yang membedakan, rendang Malaysia disajikan dengan nasi lemak atau nasi biryani yang lebih kering. Sedangkan, rendang asal Minangkabau nikmat disajikan dengan nasi padang yang kaya akan kuah berlemak dan berminyak sehingga menciptakan kesan lebih juicy.

4. Pedas dan Gurih

Image result for pedas rendang
sumber foto : cookpad.com

Rendang Indonesia punya cita rasa yang lebih gurih dan pedas. Kenapa? Karena, rendang asal Minang menggunakan campuran cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, daun kunyit, lengkuas, dan jahe. Sedangkan rendang Malaysia jauh lebih manis karena dimasak dengan gula Jawa.

5. Ada Kerisik

Image result for kerisik rendang
sumber foto : butterkicap.com

Lantaran dimasak dengan tekstur yang lebih kering, rendang Malaysia memiliki taburan kerisik atau bubuk kelapa di atasnya. Tujuannya agar menambah cita rasa pada gigitan awal. Sedangkan rendang Indonesia nggak menggunakan kerisik karena warga minang lebih memilih pengadukan salam berjam-jam untuk menciptakan rasa kuat.

Tapi yang perlu kalian sobat Travelista ketahui, cita rasa rendang Indonesia selalu nikmat sesuai lidah masyarakat Indonesia. Selalu menjadi primadona makanan khas Indonesia yang disukai semua kalangan. Semoga bermanfaat.

Travelista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here