Travelista – Jika sebelumnya anda pernah berwisata ke Pulau Seribu dari dermaga tradisional Kali Adem, anda akan disuguhkan dengan kapal kayu tua nan lambat untuk berwisata ke pulau-pulau di kepulauan seribu dengan harga yang bervariasi sesuai dengan tujuan pulau anda.

Saat ini pemprov DKI Jakarta sedang membenahi transportasi ke pulau seribu dengan meremajakan kapal-kapal kayu tua dan bekerjasama dengan pemilik-pemilik kapal kayu untuk menciptakan kapal baru yang lebih nyaman dan cepat dinamakan KMP Trans 1000 yang akan dikelola oleh PT Trans 1000 Jakarta.

Ilustrasi 3D Kapal Trans 1000 Jakarta
Ilustrasi 3D Kapal Trans 1000 Jakarta

Harga Tiket

Terdapat 3 jenis tiket dengan sistem eTicket maupun tiket fisik yang akan dikeluarkan oleh PT Trans 1000 Jakarta.

Pertama, tiket putih. Tiket ini diperuntukan oleh wisatawan umum yang hendak berwisata ke kepulauan seribu. Tiket putih dibanderol dengan harga Rp. 76.000,- yang akan dijual baik dari travel agent maupun harga di loket pelabuhan.

Kedua, tiket merah. Tiket merah ini diperuntukan oleh penduduk lokal pulau seribu, atau warga yang memiliki KTP pulau seribu saja yang dibanderol dengan harga Rp. 25.000,-

Ketiga, tiket kuning. Tiket ini tidak seperti tiket lainnya karena tiket ini dapat didapatkan gratis jika pembeli merupakan apartur sipil negara atau anggota TNI-Polri yang hendak perjalanan dinas atau bertugas ke pulau seribu.

Untuk perjalanan feeder, yaitu perjalanan pulau-pulau besar ke pulau-pulau kecil berpenduduk akan ada kapal feeder yang dibanderol harga 10 s/d 15 ribu. Namun, hal itu masih didiskusikan oleh PT Trans 1000 Jakarta.

BACA JUGA : 4 Pulau Terbaik untuk Berkemah

Spesifikasi

Kapal Trans 1000 saat ini menggandeng kapal-kapal tradisional untuk diperbaharui sehingga kapal trans 1000 tidak menjadi kompetitor kapal tradisional.

Salah satu unit KMP Trans 1000 bernama Meranti Express dengan no lambung 33 dapat menampung kurang lebih 200 penumpang yang dipastikan mendapatkan kursi dan pelampung. Kapal ini memiliki panjang 29 meter dengan lebar 6 meter.

Kapal-kapal trans 1000 bermesin modern sehingga dapat mencapai pulau tujuan 2 s/d 3 kali lebih cepat daripada kapal tradisional.

KMP Trans 1000 mulai di uji coba
KMP Trans 1000 Jakarta

Saat artikel ini dimuat, terdapat 3 kapal Trans 1000 yang siap untuk dioperasikan.

KMP Trans 1000 akan melayani pelayaran ke pulau-pulau besar di kepulauan seribu seperti : Pulau Harapan , Pulau Pramuka , Pulau Pari , Pulau Kelapa , Pulau Tidung , Pulau Untung Jawa.

Jika sudah ada penambahan kapal lagi, akan diekspansi hingga pulau sebira yang merupakan pulau paling jauh di gugusan pulau seribu.

Waah bagaimana travers ? ingin segera mencoba ke pulau seribu dengan kapal trans 1000 ini ? Semoga perjalanan kita ke Pulau Seribu semakin aman, nyaman, dan cepat. Follow IG instagram kita terus di @pulauseribu.kuy , dapetin informasi terbaru paket wisata ke pulau seribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here